Kamis, 10 November 2011

malang-pacet-cangar-malang

Mengisi hari libur dengan turing jarak pendek mengaksikan juga. Jalur turing yang saya ambil kali ini adalah dari malang kota ke Cangar lewat Trawas-Pacet menuju Batu dan kembali pulang ke malang kota. Jarak tempuh kurang lebih 130 Km. Perjalanan dimulai dari malang kota menuju Pandaan. Sebelum pandaan kira kira jarak tempuh 40 Km dari kota Malang, mampir dulu untuk foto dibawah gapura taman safari. Ciri khas gapura ini adalah patung atau tugu yang menyerupai gading gajah raksasa. Tampak sekali dalam foto sepeda motor tampak kecil dibandingkan tugu gading gajah tersebut.
Setelah mengambil foto dan sedikit minum air putih, perjalanan dilanjutkan menuju Trawas - Pacet mojokerto. Dari pertigaan pandaan jalan mulai sedikit naik. Sebelum arah ke Tretes ada pertigaan yang ke arah kanan adalah jalur menuju Trawa. beberapa kilometer dari pertigaan tersebut jalan mulai berbelok-belok dan tanjakan. dari Trawas saya menemui pertigaan lagi dimana arah kiri ke Pacet dan terus ke Mojosari. Sepeda motor saya belokkan ke kiri mengikuti jalur ke aras Pacet. jalan ke arah Pacet berbelok-belok dan mengasyikan. jalur kiri tebing dan jalur kanan lembah. Saya juga melewati pemungkiman penduduk dan beberapa villa yang disewakan. Pemandangan bukit-bukit juga bisa kita lihat.
Sampai di daerah Pacet, untuk ke Cangar,saya mengambil jalur ke arah Batu/ malang. Arah ini dapat dibaca pada petunjuk arah setelah bundaran taman di kota Pacet. Jalan tersebut tidak terlalu besar. Beberapa kilo dari situ akan melewati jembatan kali Kromong. dibawah jembatan ini akan terlihat batu-batu sungai yang ditambang oleh penduduk setempat. di tepi sungai ada tenda penambangan batu dan beberpa truk pengakut batu kali.
Saya sempat berhenti sebentar untuk mrokok dan merasa sejuk udara, serta foto-foto hehehe.

Satu batang rokok sudah habis, ohya merokok ditempat yang sejuk itu wuenak sekali ya, heheheh, maka saya melanjutkan perjalanan ke arah Cangar. Perjalan ke arah Cangar jalan dilalui banyak tanjakannya. Saya bisa melihat dari arah kiri gunung lirang yang mengeluarkan asapnya. Saya juga melewati hutan yang rindang sehingga jalan jadi teduh dan tenang. Saya juga menemua beberapa sepeda motor yang terdiri dari anak-anak muda yang sedang berekreasi bersama.
Melewati perbatasan Pacet, saya berhenti sebentar untuk menikmati sepinya hutan di daerah itu. Beberapa kilometer kemudian, dengan melewati jalan yang naik dan berkelok-kelok sampailah ke Cangar. Cangar adalah tempat permandian panas yang terkenal didaerah Batu.
Mampir sebentar ke Cangar saya melanjutkan perjalanan pulang ke kota Malang lewat Batu. Bila teman -teman berminat turing jalur pendek ini silahkan hubungi saya, siapa tahu kita bisa berangkat bersama. Salm Akrab selalu Bro.